Nabi Muhammad merupakan uswatun hasanah bagi umat Islam di seluruh dunia tanpa terkecuali. Dalam praktiknya, beliau selalu menghiasi setiap kegiatan sehari-hari dengan bermacam doa, meskipun hal tersebut bukan perkara yang besar. Seperti halnya doa ketika mendengar azan magrib.
Nah, pada saat itu, diterangkan dalam suatu riwayat bahwa Nabi Muhammad mengajarkan kepada para sahabatnya sebuah doa:
حَدَّثَنَا مُؤَمَّلُ بْنُ إِهَابٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْوَلِيدِ الْعَدَنِيُّ، حَدَّثَنَا الْقَاسِمُ بْنُ مَعْنٍ، حَدَّثَنَا الْمَسْعُودِيُّ، عَنْ أَبِي كَثِيرٍ مَوْلَى أُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، قَالَتْ: عَلَّمَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَقُولَ عِنْدَ أَذَانِ الْمَغْرِبِ: «اللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ، وَإِدْبَارُ نَهَارِكَ، وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ، فَاغْفِرْ لِي»[1
Diceritakan dari Mu’ammal ibn Ihab, dari Abdullah ibn al-Walid al-‘Adani, dari al-Qosim ibn Ma’an, dari al-Mas’udiyah, dari Abi Katsir (mantan budak) Ummi Salamah, dari Ummi Salamah, berkata: Ya Rasul, ajari aku apa yang diucapkan ketika azan magrib?, “Ya Allah, waktu ini adalah tibanya malammu, berakhirnya siangmu, dan panggilan suaramu. Maka ampunilah aku.
اللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ، وَإِدْبَارُ نَهَارِكَ، وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ، فَاغْفِرْ لِي
“Ya Alllah, waktu ini adalah tibanya malammu, berakhirnya siangmu, dan panggilan suaramu. Maka ampunilah aku.
Shalat Sunnah Sebelum Magrib
Sebelum menunaikan shalat magrib juga disunahkan salat dua rakaat,
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ بْنُ سَعِيدٍ، عَنِ الْحُسَيْنِ الْمُعَلِّمِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ الْمُزَنِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صَلُّوا قَبْلَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ»، ثُمَّ قَالَ: «صَلُّوا قَبْلَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ لِمَنْ شَاءَ»
Dari Ubaidullah ibn Umar, dari Abdul Warits ibn Sa’id, dari Husein al-Mu’alim, dari Abdullah ibn Burdar, dari Abdullah al-Muzani, ia berkata: Rasulullah bersabda: salatlah dua rakaat sebelum salat magrib, bagi siapa saja yang mau!.
Selain itu Rasul juga membaca surat al-Thur saat salat magrib,
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، قَالَ: قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ مُحمَّدِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِالطُّورِ فِي الْمَغْرِبِ[2
Dari Yahya ibn Yahya, berkata: Saya membacakan (hadis) kepada Malik, dari Ibn Syihab, dari Muhammad ibn Jubair ibn Mu’tham, dari ayahnya, berkata: Saya mendengar Rasul membaca surat al-Thur ketika salat maghrib.
Setelah salat magrib juga disunahkan,
وإن أمكنك أن تنوي الاعتكاف إلى العشاء، وتحيى ما بين العشاءين بالصلاة فافعل، فقد ورد في فضل ذلك ما لا يحصى، وهي ناشئة الليل؛ لأنه أول نشأه، وهي صلاة الأوابين، وسئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن قوله تعالى: (تَتَجافى جُنوبُهُم عَنِ المَضاجِع) ن فقال: (هي الصلاة ما بين العشاءين؛ فإنها تذهب بملاغات النهار) [3
Jika dimungkinkan setelah magrib berniat iktikaf hingga isya’. Ditambah dengan shalat awwabin, yakni shalat yang dilakukan antara magrib dan isya’. Rasul pernah ditanya mengenai ayat, “Lambung mereka jatuh ke tempat tidurnya”, Rasul menjawab: maksudnya adalah shalat di antara magrib dan isya’, sebab hal itu bisa menghilangkan keburukan-keburukan siang hari.
Salat awwabin dalam sebuah riwayat disunnahkan dengan enam rakaat,
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ يَعْنِي مُحَمَّدَ بْنَ الْعَلَاءِ الْهَمْدَانِيَّ الْكُوفِيَّ قَالَ: حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الحُبَابِ قَالَ: حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ أَبِي خَثْعَمٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ صَلَّى بَعْدَ المَغْرِبِ سِتَّ رَكَعَاتٍ لَمْ يَتَكَلَّمْ فِيمَا بَيْنَهُنَّ بِسُوءٍ عُدِلْنَ لَهُ بِعِبَادَةِ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ سَنَةً»[4
Dari Abu Kuraib (Muhammad ibn al-‘Ala’ al-Hamdani al-Kufi, berkata: dari Zaid ibn Hubab, berkata dari Umar ibn Abu Khatsm, dari Yahya ibn Abi Kastir, dari Abi Salamah, dari Abi Hurairah, rasul bersabda: Barang siapa yang salat setelah magrib enam rakaat , dan tidak menyelanya dengan obrolan, maka dihitung ibadah dua belas tahun.
Sumber : https://tebuireng.online/beberapa-sunnah-nabi-di-waktu-maghrib/